Dosen PGSD UAA mengikuti Pelatihan Verifikator SINTA

Dosen PGSD UAA mengikuti Pelatihan Verifikator SINTA

Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) gelar Pelatihan Verifikator Sinta Tahun 2018 di Hotel Grand Dafam Rohan Jogja, Jl. Janti-Gedong Kuning, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta (17-18/04/2018). Acara ini menghadirkan beberapa pembicara, yakni Ir. Ira Nurhayati Djarot, M.Sc., Ph.D., Son Ali Akbar, S.T., M.Eng., San Frisa Chaerul Haviana, M.Kom., dan Drs. Sjaeful Irwan, M.M.

Untuk mengefektifkan pelatihan ini, setiap perguruan tinggi diharapkan mengirimkan perwakilannya. Universitas Alma Ata mengirimkan perwakilannya,yakni Ruwet Rusiyono, M.Pd., Dosen PGSD, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Alma Ata.

Tujuan kegiatan ini untuk untuk melakukan penyamaan persepsi terkait dengan fitur dan fasilitas yang akan diberikan oleh pelatih kepada verifikator, memberikan panduan, petunjuk teknis, pemecahan masalah dalam proses verifikasi data dosen dan lembaga di perguruan tinggi masing-masing, serta melakukan pembinaan terhadap verifikator di perguruan tinggi sehingga data yang ada di Sinta kualitas terjaga dengan baik.

Melalui pelatihan ini peserta diharapkan akan menjadi verifikator yang kompeten dan mampu mendelegasikan pengetahuan yang diperoleh di pelatihan ini pada perguruan tinggi masing-masing sehingga perguruan tinggi mempunyai control yang baik terhadap hasil penelitian dosen yang telah terafilisiasi dengan google schoolar.

Harapannya, pelatihan ini bermanfaat untuk mengevaluasi kinerja dosen dan perguruan tinggi secara efektif dan efisien, dalam rangka meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dosen sebagai wujud dari penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.