Pendidikan Matematika UAA Adakan Ujian Akhir Skripsi Perdana Secara Daring

Pendidikan Matematika UAA Adakan Ujian Akhir Skripsi Perdana Secara Daring

Selasa, 30 Juni 2020 merupakan hari yang bersejarah bagi prodi pendidikan matematika UAA, hal ini dikarenakan pada hari tersebut ujian akhir perdana dilaksanakan. Ujian perdana tersebut dilaksanakan secara daring karena adanya pandemi covid-19. Siti rohayati, merupakan mahasiswi pertama prodi pendidikan matematika yang berhasil lulus dalam ujian akhir skripsi dengan judul “Profil Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional”. Bertindak sebagai ketua penguji bapak Ahmad Anis Abdullah, M.Sc dan Ibu Adhetya Martiyanti, M.Pd. Keberhasilan Siti Rohayati tidak luput dari bimbingan bapak Rino Richardo, M.Pd. salah satu pakar pendidikan matematika yang saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam penelitiannya Siti Rohayati menyimpulkan bahwa Kemampuan berpikir komputasi siswa dengan kelompok kecerdasan emosional tinggi dan kecerdasan emosional sedang dapat memenuhi semua indikator kemampuan berpikir komputasi, yaitu : dekomposisi, pengenalan pola, generalisasi dan abstraksi, algoritma, dan debugging. Kendati demikian siswa dengan kecerdasan emosional tinggi lebih percaya diri dan tegas terhadap keputusan yang diambil dalam memecahkan suatu masalah matematika dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasana emosional sedang. Siswa dengan kecerdasan emosional rendah hanya memenuhi 3 indikator  berpikir komputasi, yaitu : dekomposisi, pengenalan pola, dan algoritma.

Kepada saudari Siti Rohayati, kami ucapkan selamat atas keberhasilannya. Semoga segera disusul oleh teman-temannya yang lain. Amin

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*