Metode Pembelajaran

Model pembelajaran yang dikembangkan di Prodi S1 PGSD Universitas Alma Ata adalah model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa/Student Centered Learning (SCL) yang lebih menekankan pada kemandirian mahasiswa dalam mempelajari dan menggali informasi dan pengetahuan terkait dengan bahan kajian dalam kurikulum PGSD. Melalui model SCL ini mahasiswa didorong untuk “learning how to learn”, sehingga akan memunculkan sikap kreatif, kemandirian, kedisiplinan, berpikir kritis, berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik dalam tim, dan memiliki wawasan global. Dalam pelaksanaannya mahasiswa didorong menjadi pembelajar yang aktif (active learners) melalui diskusi kelompok (tutorial), penugasan terstruktur dan belajar mandiri dengan bimbingan dan stimulasi dari dosen/tutor.

Perencanaan pembelajaran yang disiapkan sesuai dengan tujuan yaitu perencanaan yang telah disusun sesuai dengan standar KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Dalam proses pembelajaran, mahasiswa didorong untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi informasi dan penguasaan ketrampilan komputer. Mahasiswa Alma Ata difasilitasi mengenal dan mengaplikasikan teknologi informasi dalam mendukung pelaksanaan profesi guru Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yaitu dalam penyusunan makalah, penelitian, pengolahan data, penelusuran data. Dosen memberikan penugasan kepada mahasiswa sedemikan rupa sehingga mendorong mahasiswa dalam penggunaan teknologi informasi seperti mencari literatur jurnal di internet, mencari materi terkait di internet, serta pengumpulan tugas harus diketik, sehingga hal ini secara perlahan tapi pasti akan mendorong mahasiswa untuk terus terpapar dengan teknologi informasi. Pelaksanaan proses pembelajaran di prodi PGSD memperhatikan tiga ranah pembelajaran yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.

Kuliah Umum dengan narasumber Guru Besar bidang Teknologi Pembelajaran dari Universitas Negeri Yogyakarta : Prof. Dr. Abdul Ghofur, M.Sc

248 total views, 2 views today