Metode Pembelajaran

Sistem pembelajaran yang digunakan untuk mencapai target pembelajaran adalah berupaStudent Centered Learning(SCL) dimana dosen berperan sebagai fasilitator dan motivator, sedangkanmahasiswa dituntut untuk dapat belajar secara aktif baik individu maupun dalam kelompok. ModelPembelajaran SCL yang digunakan pada Program Studi S1 Pendidikan Matematika meliputi:

  1. Discovery learning (DL)
    Informasi diberikan oleh dosen dan dilakukan mandiri oleh mahasiswa. Model pembelajaran inidapat diterapkan dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan, Studi Agama Islam, BahasaIndonesia, Sosio Antropologi Pendidikan, dan lain sebagainya.
  2. Contextual Instruction (CI)
    Konsep belajar dari dosen yang mengaitkan isi mata kuliah dengan situasi nyata di kehidupansehari-hari dan memotivasi mahasiswa untuk membuat keterhubungan antara pengetahuan danaplikasinya dalam kehidupan sehari -hari sebagai seorang tenaga pendidik profesional. Selaindiberikan teori, mahasiswa juga diberikan contoh dan kesempatan untuk mendiskusikannya,bahkan melihat secara langsung bagaimana praktiknya di lapangan. Model Pembelajaran ini dapatditerapkan pada mata kuliah: Analisis Kurikulum, Teori Belajar dan Pembelajaran, MetodePembelajaran Matematika, Kewirausahaan, dll.
  3. Problem-Based Learning (PBL)
    Model pembelajaran dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarianinformasi untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Model ini dapat diterapkan dalam matakuliah Kewirausahaan, Kajian Masalah Matematika, KapitaSelekta Matematika, Evaluasi HasilBelajar Matematika, Perencanaan Pembelajaran Matematika, Pengembangan Media pembelajaranMatematika, dll.
  4. Simulasi
    Model pembelajaran yang membawa situasi yang mirip dengan sesungguhnya ke dalam kelas. Model pembelajaran ini dapat diterapkan dalam mata kuliah Statistika Matematika, TransformasiGeometri, Pemrograman Linear, Program Aplikasi Komputer, Rancangan Percobaan, dll.
  5. Cooperative learning (CL)
    Model pembelajaran berkelompok yang dirancang oleh dosen untuk memecahkan suatumasalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas. Model ini dapat diterapkan pada mata kuliahPancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Aljabar Abstrak, Aljabar Linear, Psikologi Pendidikan,Pengantar Ilmu Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Geometri, dll.

276 total views, 1 views today