Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Guru SD diharapkan dapat berperan di masyarakat sebagai     : Educator, Leader & Manager, Researcher, Consultant, Supervisor. Program Studi PGSD Universitas Alma Ata mempersiapkan tenaga guru profesional yang memiliki kepribadian yang tangguh, mandiri, dan berakhlaqul-karimah sehingga bisa diterima dan mampu memberi manfaat bagi masyarakat luas, dunia pendidikan dan sesama umat manusia.

Kurikulum Program Studi PGSD dirancang untuk menghasilkan lulusan guru yang profesional, bervisi global, dan ber-akhlak mulia, mampu berkomunikasi secara efektif, mengembangkan profesionalisme secara terus menerus atau belajar sepanjang hayat, mampu menggunakan teknologi dan informasi pendidikan secara efektif, berpola pikir kritis, logis dan etis dalam mengembangkan pendidikan. Akan tetapi disamping hal tersebut, mereka juga diwajibkan mempunyai kompetensi tambahan yaitu mempunyai kemampuan memadai dalam mengelola lembaga pendidikan dasar, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan keterampilan teknologi informasi.

Kompetensi lulusan Program Studi S1 PGSD Universitas Alma Ata Yogyakarta didesain dan dikembangkan berdasarkan pada beberapa ketentuan, yaitu :

  • Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar.
  • Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.
  • Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk Program Studi S1 PGSD

Kompetensi hasil didik Program Studi S1 PGSD Universitas Alma Ata Yogyakarta terdiri atas : (1) Kompetensi Utama; (2) Kompetensi Pendukung; dan (3) Kompetensi lain yang bersifat khusus dan merupakan penciri institusi. Kompetensi lulusan Program Studi S1 PGSD Universitas Alma Ata Yogyakarta adalah:

Kompetensi Utama

Memanfaatkan lima dimensi organisasi belajar pada sekolah sebagai organisasi pembelajaran, yaitu personal mistery, team learning, shared vision, mental modal, dan system thinking. Dengan kelima dimensi ini sekolah tidak hanya menjadi tempat menuntut ilmu dan mengajar saja, namun mampu menjadi tempat penguatan karakter.

Kompetensi Pendukung

  • Mampu mengintegrasikan nilai-nilai ajaran Islam dalam pengembangan pendidikan sekolah dasar.
  • Mampu mempersiapkan tenaga guru profesional yang memiliki kepribadian yang tangguh, mandiri, dan berakhlaqul-karimah sehingga bisa diterima dan mampu memberi manfaat bagi masyarakat luas, dunia pendidikan dan sesama umat manusia.
  • Mampu mengembangkan profesionalisme secara terus menerus atau belajar sepanjang hayat, mampu menggunakan teknologi dan informasi pendidikan secara efektif, berpola pikir kritis, logis dan etis dalam mengembangkan pendidikan.

Kompetensi Lain

  • Menunjukkan perilaku interpersonal dan intrapersonal yang berbasis pada nilai-nilai ajaran Islam Rahmatanlil’alamin.
  • Memiliki kemampuan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, dan IT yang memadai untuk mendukung belajar sepanjang hayat (life long learning).
  • Mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan mampu melaksanakan praktik sholat dengan benar.

PROFIL LULUSAN

KETERAMPILAN KHUSUS

PENGETAHUAN YANG HARUS DIKUASAI

1

Calon Pendidik

Mampu merencanakan, melaksanakan, monitoring dan evaluasi pedagogik dengan memanfaatkan sumber belajar, media, dan lingkungan sekitar.

Menguasai konsep dasar psikologi anak dalam pendidikan sekolah dasar dan penerapannya

Menguasai konsep dan teori belajar pendidikan sekolah dasar.

Konsep ilmu pendidikan.

Menguasai konsep ilmu lima bidang studi (PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS) terhadap fenomena pendidikan yang ada di masyarakat.

Aspek-aspek keterampilan dasar dalam pembelajaran SD

Konsep dasar, peranan dan ruang lingkup manajemen pendidikan manajemen kelas dalam kajian pengelolaan terhadap bidang pendidikan SD

Kurikulum pendidikan SD

Landasan filsafat pendidikan, paradigma, teori dan kebijakan tentang pembelajaran dan pendidikan SD

Konsep asessmen, penilaian dan alat evaluasi.

Teknik pembuatan media dan alat peraga dalam pembelajaran SD

Mampu mengaplikasikan konsep teoritis ilmu keguruan yang mendukung pembelajaran SD

Konsep teoritis ilmu keguruan yang mendukung pembelajaran pendidikan dasar.

Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran SD

Perkembangan ilmu komputer..

Konsep media pembelajaran SD berbasis IT.

2

Peneliti

Mampu melakukan penelitian dalam bidang pendidikan SD dengan pendampingan

Jenis penelitian pendidikan.

Metode-metode penelitian pendidikan.

Teknik penulisan laporan penelitian pendidikan.

3

Pewirausaha

Mampu mengaplikasikan teori kewirausahaan untuk membuka usaha di bidang pendidikan SD

Prinsip-prinsip kewirausahaan.

4

Penulis

Mampu menulis bahan ajar SD

Teknik penulisan sesuai dengan kaidah yang benar.

5

Pemimpin dan Manajer

Mampu mengelola penyelenggaraan kelas serta mengevaluasi secara komprehensif.

Teknik pengelolaan kelas.

Mampu mengambil keputusan strategis dalam penyelenggaraan

Teknik kepemimpinan pendidikan