Kupas Tuntas “Efektivitas Pembelajaran Online di Era Covid-19” FKIP bersama FAI Menyelenggarakan Seminar Online

Kupas Tuntas “Efektivitas Pembelajaran Online di Era Covid-19” FKIP bersama FAI Menyelenggarakan Seminar Online

Adanya pandemi covid-19 telah membawa dunia pendidikan, khususnya di Indonesia, pada suatu keadaan yang disebut sebagai new normal. Pembelajaran yang biasanya diselenggarakan secara tatap muka beralih pada pembelajaran dengan sistem daring / online sebagai akibat penerapan kebijakan SFH (School From Home). Penerapan kebijakan ini tentu membawa berbagai macam tantangan dan peluang bagi institusi pendidikan, tenaga pendidik, maupun peserta didik yang memiliki latar belakang, kemampuan, dan sarana pendukung yang berbeda-beda.

Untuk menjawab tantangan dan peluang tersebut, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bekerjasama dengan Fakultas Agama Islam  Universitas Alma Ata menyelenggararakan Seminar Online via LiteBIG dengan mengusung tema “Efektivitas Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19”. Seminar yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 29 April 2020 mengundang narasumber-narasumber antara lain:

  1. Ahmad Salim, S.Pd., M.Pd. (Dosen Program Studi S1 PAI), menyampaikan materi tentang “Posisi Madrasah Pegunungan dalam Mengahadapi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19”
  2. Ahmad Syamsul Arifin, S.Pd.I., M.Pd.I. (Dosen Program Studi S1 PGMI), menyampaikan materi tentang “Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: Peluang dan Tantangan”
  3. Saryanto, S.Pd.T., M.Pd. (Dosen Program Studi S1 Pendidikan Matematika), menyampaikan materi tentang “Disaster Management School in The Face of Covid-19”.
  4. Ruwet Rusiyono, S.Pd., M.Pd. (Dosen Program Studi S1 PGSD), menyampaikan materi tentang “Tips Belajar Daring/Online Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19”

Kegiatan seminar yang berlangsung selama kurang lebih 120 menit ini berjalan dengan lancar dipandu oleh moderator, Martalia Ardiyaningrum (Dosen Program Studi PGMI). Antusiasme peserta pun terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diberikan kepada keempat narasumber.

Diikuti oleh beberapa peserta yang merupakan mahasiswa dan tenaga pendidik dari dalam dan luar UAA, seminar ini mengupas bagaimana strategi untuk mengoptimalkan keefektifan pembelajaran daring baik dari sisi institusi pendidikan, tenaga pendidik maupun peserta didik. Bagi pembaca yang tertarik pada tema ini akan tetapi belum berkesempatan mengikuti seminar ini dapat mengakses materi seminar melalui link berikut:

https://gg.gg/materi_seminar_FKIP_FAI_UAA

 

Oleh : Adhetia Martyanti, S.Pd., M.Pd.

Martyanti.adhetia@uaa.ac.id

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*