Prodi Pendidikan Matematika UAA Kembangkan Etnomatematika Berbasis Augmented Reality

Prodi Pendidikan Matematika UAA Kembangkan Etnomatematika Berbasis Augmented Reality

Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika (Pmat) Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta tengah mengembangkan media pembelajaran etnomatematika berbasis Augmented reality ( AR ). Media pembelajaran matematika ini menggabungkan pembelajaran matematika berbasis budaya berbasis teknologi informasi. Kepala Program Studi Pendidikan Matematika UAA Rino Richardo, mengatakan pemilihan etnomatematika sangat tepat guna meningkatkan kecintaan siswa pada budaya dimana dia tinggal, sedangkan Augmented reality merupakan media yang mampu mengkombinasikan dunia nyata dan virtual, interaksi real-time, ddengan 3D yang akurat dari objek virtual dan nyata.

Hal itu sangat sesuai dengan kondisi dunia saat ini yang tengah menghadapi pandemi Covid-19. Dimana banyak sekali siswa yang mengeluh dalam memahami mata pelajaran matematika yang abstrak khususnya di tingkat SD dan SMP. Oleh karena itu keberadaan media pembelajaran matematika berbasis AR akan sangat membantu siswa dalam memahami pembelajaran matematika yang abstrak. Selain itu, etnomatematika akan meningkatkan kecintaan siswa pada budaya setempat dengan mengenalkan matematika melalui budaya.

Pengembangan media pembelajaran etnomatematika berbasis AR ini memerlukan beberapa tahapan mulai dari identifikasi objek matematika yang ada didalam budaya masyarakat mulai dari adat istiadat, permainan, tari tradisional, makanan, maupun benda-benda cagar budaya. Setelah identifikasi baru dilanjutkan pada pembuatan media berbasis AR, selanjutnya baru dilakukan uji coba dilapangan. Karena begitu banyaknya objek budaya saat ini prodi pendidikan matematika masih focus pada proses identifikasi objek matematika pada budaya khususnya di daerah istimewa Yogyakarta.

Selain itu prodi pendidikan matematika UAA juga sangan konsen dengan pendekatan pembelajaran berbasis STEM yaitu pendekatan Science, Technology, Engeneering, and Mathematics (STEM). Pembelajaran ini memberikan sebuah proyek kepada siswa dalam menghasilkan sebuah produk. Sebagaimana di paparkan oleh Rino Richardo dalam seminarpendidikan dengan tema pembelajaran matematika pada masa pandemi, Pada kasus pandemi covid 19 ini, Produk yang dapat dibuat oleh siswa adalah membuat cairan disinfektan beserta Botol Spray sederhana dengan menggunakan botol air mineral. Dari sisi Science siswa akan belajar terkait unsur-unsur kimia, terkait covid-19 (virus) dan sisi science lainnya. Dari sisi technology siswa diminta untuk mempraktekkan serta direkam dalam bentuk video dan dapat diungguh di yuotube. Dari sisi Engeneering siswa dapat belajar mendesain/merancang dan membuat Botol Spray sederhana menggunakan botol air mineral. Dan yang terakhir matematika siswa akan belajar satuan volume, berapa proporsi/perbandingan antara air dan cairan disinfketan (pemutih, carbol, pembersih lantai, dan lain sebagainya).

Dan masih banyak lagi pengembangan pembelajaran matematika yang dilakukan oleh prodi pendidikan matematika UAA, hal ini dikarenakan salah satu keunggulan prodi pendididkan matematika adalah dalam pengembangan media pembelajaran matematika berbasis IT. Sehigga sejak dari awal pembelajaran dan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen berpusat disana.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*