Dosen Pmat UAA Beri Workshop Penulisan Publikasi Ilmiah Guru Matematika MA Se-DIY

Dosen Pmat UAA Beri Workshop Penulisan Publikasi Ilmiah Guru Matematika MA Se-DIY

 

 

Rendahnya minat guru-guru dalam melakukan penelitian dan publikasi Ilmiah menjadi keprihatinan program studi pendidikan matematika (Pmat UAA). Hal ini dikarenakan peluang untuk menulis dan publikasi karya ilmiah melalui jurnal nasional sangatlah terbuka lebar. Berawal dari permasalahan ini program studi pendidikan matematika UAA melakukan program pengabdian masyarakat yang di kemas dalam “Workshop Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah di Jurnal Nasional”. Kegiatan ini bekerjasama dengan pengurus MGMP Matematika Madrasah Aliyah Se-DIY.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk workshop ini dilaksanakan pada Rabu, 30 Oktober 2019 bertempat di Gedung PSBB MAN 3 Sleman dengan peserta 55 orang. Dalam sambutannya bapak Rino Richardo, M.Pd selaku Kaprodi Pendidikan Matematika UAA menyatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan para guru dapat mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal ilmiah nasional. Sementara itu, Ketua MGMP Matematika MA DIY Bapak Triyono, S.Pd berharap para guru-guru dapat memanfaatkan hasil publikasi tersebut untuk kenaikan pangkat khususnya guru yang sudah memliki golongan IVa ke IVb dan seterusnya. Mengingat selama ini guru banyak mengalami kesulitan untuk menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya akibatnya kenaikan pangkatnya tersendat.

Adapun Workshop dimulai dengan materi pentingnya menulis jurnal ilmiah oleh bapak Rino Richardo, M.Pd, penulisan jurnal ilmiah dan OJS oleh Bapak Ahmad Anis Abdullah, M.Sc, dan pengenalan aplikasi mendely oleh Ibu Adhetia Martyanti, M.Pd. kegiatan yang berlangsung kurang lebih 3 jam tersebut mendapat apresiasi yang luar biasa dari para peserta. Untuk selanjutnya para guru akan mendapat bimbingan secara berkala oleh pemateri sampai artikel terpublis pada jurnal nasional ber-ISBN.