Dosen Pendidikan Matematika UAA menjadi Pemakalah di The 3rd International Conference on Science, Mathematics, Environment and Education (ICoSMEE)

Prodi Pendidikan Matematika Alma Ata – Rendahnya prestasi pendidikan matematika Indonesia pada hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang diterbitkan pada maret 2019 lalu memotret sekelumit masalah pendidikan Indonesia. Dalam kategori kemampuan membaca, sains, dan matematika, skor Indonesia tergolong rendah karena berada di urutan ke-74 dari 79 negara.

Hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi prodi pendidikan matematika UAA, oleh karena itu dosen PMAT UAA dan dosen Sistem Informasi UAA, untuk mengembangkan penelitian pembelajaran matematika berbasis budaya (etnomatematika) dengan teknologi Informatika dengan augmented reality. Hasil penelitian ini kemudian dipresentasikan dalam The 3rd International Conference on Science, Mathematics, Environment and Education (ICoSMEE) yang diadakan oleh Universitas Sebelas Maret pada tanggal 27-28 Juli 2019.

Tiga dosen UAA yang melakukan presentasi conferensi tersebut  adalah

  1. Ahmad Anis Abdullah, M.Sc dengan makalah “Ethnomathematics: Exploration in Cultural Heritage Buildings in Yogyakarta based on geometry perspective
  2. Rino Richardo, M.Pd dengan makalah “Indonesian Ethnomathematics for Mathematics Learning in Junior High Schools : a Scoping Review” dan “Ethnomathematics Learning Media Based on Augmented Reality for Learning Geometry: a Needs Analysis”.
  3. Tri Rochmadi, M.Kom dengan makalah “Design Android-Based Learning Media Using Augmented Reality Technology To Support Ethnomathematics Materials At Junior High School”

 

 

Categories:

Open chat